Minggu, 29 April 2012

Tteokbokki, Kue beras pedas. Si cemilan khas KOREA SELATAN




Pernah denger Tteokbokki?
Atau jangan-jangan pernah makan??

Teokbokki atau Kue beras pedas adalah makanan cemilan/ jajanan khas dari Negeri gingseng, Korea Selatan.
Bentuknya bulat-bulat memanjang yang diberi saus pedas merah pekat yang yummy! ^^
Makanan ini sering di jajakan diwarung-warung pinggir jalan (biasanya pake tenda)/ disebut juga dengan 'Pojangmacha' yang sering kalian liat di drama-drama korea.



Coba geh liat gambarnya dengan seksama!
Wew… :L


Oops! Udah ah liatnya! Jangan lama-lama. Entar rumahmu banjir lagi, gegara air liur kamu gak berhenti netes. ㅋㅋㅋㅋㅋ

Emang ya, Makanan korea yang satu ini gak ada puasnya kalo Cuma dipelototin doang. Gak ada enak-enaknya!
Coba deh, sekali-kali kamu coba cicipin kalo kamu berhasil ke Korea Selatan. Gak ada salahnya kan? apalagi makannya waktu ujan-ujan… Hmmm… Masitda!!! (Enak!!!) :9

Nah, yang belum berkesempatan bisa ke KORSEL dan pingin banget nyobain nih makanan, ada satu resep yang pernah saya dapatkan dari seseorang.

Let’s Read! 읽자 (Ilkja)!

TTEOKBOKKI

Bahan Utama:
-    200 gram Garaetteok (Kue beras yang bentuknya bulat-bulat panjang berwarna putih. Biasanya dijual di Supermarket Indonesia yang jual makanan korea.
Kalo gak ada, coba buat sendiri aja, Di ‘Cara Membuat’ yang ada dibawah ^^b)


-    1 sdt minyak wijen
-    1/4 buah bawang bombay
-    1 buah cabe hijau dan merah
-    1 sdt minyak goreng
-    30 g wortel
-    2 buah jamur shitake kering (kalo gak ada juga gak apa-apa kok.^^)

Bumbu-bumbu:
-    1 sdm Kochujang (Saus pedas korea)/ taujo cabe merah
-    1 sdm bubuk cabe merah
-    1 sdm bawang putih yang dicincang halus
-    1/2 sdm gula pasir
-    3 sdm kaldu daging
-    sedikit biji wijen
-    sedikit lada hitam
-    sedikit minyak wijen

Cara Membuat:
1.   First, kita buat dulu ya, Garaetteoknya!
a.    Bahan:
-   300 gram Tepung beras
-   110 gram Air
-   3 sdm Minyak wijen
b.    Cara Membuat:
-   Siapkan kukusan.
-   Tuangkan air sedikit demi sedikit pada tepung beras, kemudian aduk pelan-pelan dengan menggunakan tangan. Haluskan dengan menggunakan tirisan.
-   Setelah kukusan sudah mengeluarkan uap, kukuslah tepung beras itu hingga matang.
-   Setelah matang, angkat lalu dibuat menjadi adonan sambil mengoleskan minyak wijen supaya tidak lengket, hingga kenyal.
-   Setelah itu adonan dibuat dengan bentuk bulat panjang. Kemudian oleskan sedikit minyak wijen di luarnya biar tidak langsung mengeras.

Yup! Garaetteoknya sudah jadi! Yaaaay!^^ Okeeh… Yuk, ketahap selanjutnya!
Membuat… SAUS Tteokbokki-nya!

2.   Next, Gareatteok/Tteuk dicampurkan dengan minyak wijen.
3.   Potong melintang bawang Bombay, cabe hijau, cabe merah dan wortel.
4.   Iris tipis jamur Shitake yang telah direndam dengan air panas hingga lunak.
5.   Campurkan semua bahan ‘Bumbu-bumbu’ jadi satu.
6.   Panaskan minyak goreng dalam wajan lalu masukkan bumbu.
7.   Setelah bumbu masak, masukkan bawang bombay, wortel, dan cabe.
8.   Masukkan garaetteok, dan tumislah hingga bumbu meresap pada garaetteok-nya.
9.   Jika semua sudah matang. Tteokbokki siap dimakan!!!!
Eeiiits… Maksudnya, Siap disajikan. ^____^

Fiiuuh… Dah capek bikin Tteokbokki, beresin dapur yang abis jadi tempat perang dunia ke-3, nyetel TV or Film yang bakalan diputer, dan diluar lagi ujan. Haah…
Tinggal bawa piring Tteokbokkinya ke ruang TV, pasang posisi duduk biar PW, dan makan Tteokbokki sambil nonton film. Waah… ^////^

Selamat Mencoba!^^

2 komentar:

  1. 'haluskan dgn tirisan' maksudnya gmna neh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya, yaa puter-puterin aja pake peniris (yang suka buat nirisin santen, dari aluminium) terus diuleni kayak adonan roti. kan itu enak dipegangnya, tinggal diputer-puterin aja di adonan garaetteok-nya.
      tapi kalo gak ada, bisa pake apapun yang gak gampang lengket kalo kena adonan^^

      Hapus

Don't be silence reader ya. Suarakan perasaanmu, DISINI! ^o^/